RUU KUHP Made In Indonesia


Ini asli, lagi crowded banget persoalan revisi UU KUHP(Kitab Undang Undang Hukum pidana) merevisi KUHP warisan dari belanda menjadi KUHP Made In Indonesia. Mungkin, yang tadinya kebanyakan orang yang ga peduli sama dunia politik, sekarang jadi dibikin bangun dan angkat bicara, karena apa? Ya karna isi nya ngaco parah!

Adanya revisi katanya agar ga terbiasa sama doktrin koloniel dan supaya pemerintah punya hukum bangsa sendiri yang bisa diperkuat dan diakui, tapi nyatanya? ga sesuai! Niat untuk merevisi hukum kolonial tapi rasanya sama juga sama saja, kolonial-kolonia juga. Menindas wkwkk lucu kan?
Oke gue bakal bahas ada beberapa pasal ngaco menurut opini gue sendiri


• Menghilangkan hak setiap orang untuk bebas memberi kritik terhadap pemerintah


(Yang gue tau dari SD sampe sekarang gue belajar PKN, negara Indonesia ya negara demokrasi, yg artinya bebas menyampaikan pendapat/kritik. Bisa di cek deh di UUD, dan apapun cara berkritik/berpendapat nya juga ga ada batas nya. Ini pemerintah jadi kek mau ngelawan hukum yg dibuat nya ga sih?)

• Gelandang yang berkeliaran dijalan bakal di denda 1 juta

(Gelandangan - ketangkep - di denda - ngegelandang lagi - buat bayar denda . Yang msquin makin misquin dong. Biar lebih enak.. ya gelandangan dikasih edukasi dong)

• Pelihara ayam, ayam nya masuk rumah warga di denda 10 juta

( ini yang ditagih dendanya, ayam nya? Wkwkwk yaallah ngakak😭)

• Hukumaan penjara koruptor jadi 2 tahun, yang tadinya 4 tahun

( ini ngapasi tolong, ko kaya ada pihak terkait malah jadi demam? Enak banget ga sih 2 taun, sekolah sama dipenjara jadi lebih lama sekolah, koruptor juga perlu dididik, dikasih hukuman. Ada yang sepakat sama gue kalo regulasi ini salah? Gue bilang salah, ya karna disini para koruptor tolol dan ga ada otak itu malah dapet keuntungan dan vonis vonis nya juga ga bakal memuaskan)

• Ancaman santet bakal kena pidana

(Ini gue seriusan tanya.. buktiin secara ilmimah nya gimana?)

• Cewe yang pulang malem terus klo keliatan kek gelandangan bakal didenda 1 juta

( oh lord plis, ini mau diskriminasi perempuan? Terus gimana nasib perempuan yang balik kerja kena shift malem? Ga ada yang tau juga kan kalo dimalem itu abis kumpul2 dugem bareng temen2 trs mabok trs terlunta lunta dijalanan wkwkkwwk, dan langsung di cap kalo itu gelandangan gtu?😭 Plis ini pasal nge-prank apa gimana?

• Wartawan dan netizen
(gue dan kalian nih gais) yg dianggap menghina wapres/pres bakal kena hukum pidana

( dianggap, ini kek sebuah tuduhan ga sih jatohnya wkwk. U know lah, hukum indonesia tuh lebih berpihak kepada penguasa yg berduwid, so padahal lo hanya mengkritik tapi bisa dianggap menghina tanpa ditelusurin lagi, lu bakal kena hukuman. Karena apa? Ya karna lu udah mengkritik yang dianggap itu penghinaan terhadap penguasa. Ngerti sampe sini?)


Ya gitulah kira kira sedikit yang gue bahas. Kalo bisa, jangan cuma di tunda pengesahan nya, tapi di gagalkan, coba tolong waras sedikit tentang revisi nya.

Gue baca di salah satu media, anggota perumus KUHP nya bilang"ya boleh aja nolak, tapi kasih alesan nya kenapa nolak jangan cuma koar koar" .
Wkwk yaallah tolong, itu media sosial, gedung DPR/MPR RI kaga diliat dari kemaren rame buat di denger aspirasi nya, rakyat indonesia juga pasti paham mana aturan waras sama yang ngga.

Hukum yang bener itu, hukum yang dibangun atas keadilan rakyat.



Ini gue emang greget sih, awalnya gapeduli. Tapi pas gue liat berita, baca baca di sosial media kok banyak banget rancu nya hahaha. Gue juga kurang mengerti tentang politik sebenarnya, tapi gue tertarik, bukan anak hukum juga ko😭
Yaudah al-fatiha aja buat indonesiakuuu❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puasa nya Anak Kost (Sebuah Analisa Penulis)

Hiruk pikuk?